15 Februari 2009

dajjal

DAJJAL

Oleh yeyen nursipa


Dari artikel ini,yang saya kutip dari berbagai sumber akan menjelaskan tentang:
-ciri-ciri fisik dan sifat dajjal
-waktu dan tempat keluarny dajjal
-tanda-tanda kemunculan dajjal
-sebelum datangnya dajjal bumi akan mengalami kekeringan selama 3 tahun
Adapun penjelasana sebagai berikt:
1. Ciri-ciri fisik dan sifatnya
Dajjal adlah laki-laki keturunan adam.Ia seorang pemuda yahudi berkulit merah,bertubuh pendek,berambut kriting,dahinya lebr,matanya yng kanan buta,diantara kedua matanya terdapat tulisan ka fa ra.seperti riwaat dari ibnu umar ra.Rosulullah bersabda “…maka aku pergi sambil menoleh,tiba-tiba ada laki-laki yang berkulit merah dan rambutnya berombak”
2. Waktu dan tempat keluarnya dajjal
Hadits Tamim Ad Dari yang di riwytkan oleh fatimah binti Qais menjelaskan bahwa posisi dajjal berada di laut yaman sedangkan janji rosul tentang tempat keluarny dajjal adalah di wilayah khurasan.
Periode pertma keluarna dajjal menunjukan bahwa dajjal keluar selama 40 hari,hari pertamanya bagai 1 thun,hari ke 2 bagai 1 bulan,hari ke 3 bagai 1 pekan,kemudin sisa-sisa hari lainnya sebagaimana hari-hari dunia lainnya.
Riwayat yang menunjukan proses keluarnya dajjal pertama kali di muka bumi.Rosulullh SAW bersabda:’di awal kemunculannya ia berkata “aku adalah nabi” padahal tidak ada nabi setelah aku.kemudian ia memuji dirinya sendiri sambil berkata “aku adalah Rabb kalian” padahal kalian tidak dapat melihat Rabb kalian sehingga kalian mati”
Dari riwyat tadi dapat di simpulkan bahw awal kemunculan dajjal tidak langsung berada dalam kondisi cacat, mtanya belum buta, dan dahinya belum terdapat tulisn ka fa ra. Sebab riwayat tersebut menyebutkan kondisi cacatnya dajjal terjdi beberapa waktu setelah Ia menyatakan ketuhanan dirinya dihadapan manusia.
Adapun keluarnya dajjal yang kedua kalinya adalah pada pertempurn terkhir antra dajjal dan kaum muslimin. Dajjal akan keluar dari arah timur Karen kemarahnnya sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat:”sesungguhnya dajjal akan keluar karena suatu kemarahan”.
Kemunculan dajjal dari khurasan adalah kemunculan ang terakhir kalinya. Dan ini terjadi ketikaalmahdi muncul. Kondisi dajjal saat itu cacat, matana buta sebelah kanan, di dahinya tertulis ka fa ra.
3. Tanda-Tanda kemunculan dajjal
Dari hadits tamim Ad Dari bahwa tanda tanda kemunculan dajjal adalah pohon-pohon kurma di desa Nakhl Baisan (Palestina) tidak bias berbuah lagi, keringnya air danau thabaria di Palestina dan keringnya mata air zughar yang bias mengairi perkebunan sekitarnya.(HR.Muslim 18:83)
Adapun kondisi jaman dimana dajjal muncul, maka dunia saat itu berada dalam suasana yang sangat kacau, kedzaliman merata pada setiap muslim dan peperangan terjadi tanpa mengenal henti.
4. Sebelum Datangnya dajjal bumi akan mengalami kekeringan selama 3 tahun
Sebagaimana riwayat yang di sabdakan oleh rasul:”sesungguhna sebelum keluarnya dajjal adlah tempo waktu 3 tahun ang sangt sulit, dimana pada waktu itu manusia akan ditimpa oleh kelaparan yang sangat. Allah memerintahkan kepada langit pada tahun pertama dariny untuk menahan 1/3 dari hujannya dan memerintahkan pad bumi untuk menahan 1/3 dari tanamannya kemudian allh memerintahkan kepada langit dan bumi pada tahun kedua agr menahan 2/3 dari hujan dan tanamannya kemudian pad thun ketiga allah memerintahkan untuk menahan seluruh air hujan dan menahan seluruh tanamannya.


sumber: fatihah,aladnani.2006."Dajjal sudah muncul dari khurasan".solo:Granada Mediatama

http://www.geocities.com/sabiluna/Dajjal/Bab16.html

http://sangpelangi.wordpress.com/2007/06/03/dajjal-pertama-sudah-muncul/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar