15 Februari 2009

sains

pengertian fosil
Fosil
, dari bahasa Latin fossa yang berarti "menggali keluar dari dalam tanah", adalah sisa-sisa atau bekas-bekas makhluk hidup yang menjadi batu atau mineral. Untuk menjadi fosil, sisa-sisa hewan atau tanaman ini harus segera tertutup sedimen. Oleh para pakar dibedakan beberapa macam fosil. Ada fosil batu biasa, fosil yang terbentuk dalam batu ambar, fosil ter, seperti yang terbentuk di sumur ter La Brea di Kalifornia. Hewan atau tumbuhan yang dikira sudah punah tetapi ternyata masih ada disebut fosil hidup. Fosil yang paling umum adalah kerangka yang tersisa seperti cangkang, gigi dan tulang. Fosil jaringan lunak sangat jarang ditemukan.Ilmu yang mempelUlar besar seperti dalam film “Anaconda” tahun 1997 yang dibintangi aktris Jennifer Lopez ternyata bukan hanya fiksi.
jenis fosil hewan
anaconda
Ular seperti itu rupanya pernah ada dan hal ini terungkap berdasarkan penemuan baru dari dunia purba. Fosil-fosil dari Kolombia timurlaut mengungkapkan ular terbesar itu pernah ditemukan: hewan melata sangat besar yang panjantnya mencapai 126 sampai 135 meter dengan bobot sekitar 1,2 ton.
“Berat ini hampir menyamai seekor bison dan lebih panjang daripada bus kota,” kata pakar ular Jack Conrad asal Museum Sejarah Alam Amerika di New York, yang kenal betul dengan penemuan itu.
fosil jenis dinosaurus karnifora
Dua jenis dinosaurus pemakan daging yang tidak diketahui sebelumnya berhasil dikenali dari fosil yang ditemukan di gurun Sahara di Niger. Salah satu hewan itu memiliki tinggi sekitar 8 meter dan bermoncong pendek. Jenis ini dinamai Kryptops palaios atau "si wajah tersembunyi". Kryptops kemungkinan memakan mangsanya setelah menjadi bangkai, mirip dengan kebiasaan hyena.

Oleh :
British Broadcasting Corporation
by.dewi erlina
sumber :wikpedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar