14 Februari 2009

sepak bola

Sepak bola
Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang ber beda yang masing-masing bersaing untuk memasukkan bola ke gawang lawan.Dua tim masing-masing terdiri dari 11 orang. Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang, biasanya sepak bola dilakukan dalam jangka waktu 90 menit.
Ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri, yaitu dengan cara perpanjangan waktu, apa bila masih belum ditemukan pemenang nya, maka adu penalti lah yang bisa menentukan siapa pemenangnya. pemain juga tidak boleh menyentuh bola dengan tangan selama masih dalam permainan.dalam sepak bola, ada seseorang yang bertugas sebagai wasit, wasit adalah seorang yang bertugas sebagai pengadil di lapangan.Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang sekitar 90 meter dan lebar sekitar 54 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat 2 gawang di dua ujung nya yang sebesar sekitar 24 x 8 kaki.
Kejuaraan internasional terbesar di sepak bola ialah Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Federation Internationale de Football Association. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali dan melibatkan 32 negara.Di tiap benua juga di selenggarakan kejuaraan internasional. Antara lain:
Eropa: Piala Eropa atau dikenal dengan nama Euro
Amerika Selatan: Copa América
Afrika: Piala Afrika
Asia: Piala Asia
Selain kejuaraan tingkat negara, ada juga kejuaraan di tingkat klub di tiap-tiap benua. Ajang tingkat klub terbesar di Eropa adalah Liga Champions, sementara di Amerika Selatan adalah Copa Libertadores. Di Asia, Liga Champions Asia adalah turnamen tingkat klub terbesar.
Sepak bola sudah dimainkan di Olimpiade sejak tahun 1900, kecuali pada Olimpiade tahun 1932 di Los Angeles. Awalnya ini hanya untuk pemain-pemain amatir saja, namun sejak OlimpiadeLos Angeles 1984 pemain profesional juga mulai ikut bermain, disertai peraturan yang mencegah negara-negara daripada memainkan tim terkuat mereka. Pada saat ini, turnamen Olimpiade untuk pria merupakan turnamen U-23 yang boleh ditamnbahi beberapa pemain di atas umur. Akibatnya, turnamen ini tidak mempunyai kepentingan internasional dan prestise yang sama dengan Piala Dunia, atau bahkan dengan Euro, Copa America atau Piala Afrika.
Taktik yang biasa dipakai oleh klub-klub sepak bola adalah sebagai berikut:
4-4-2
4-3-2-1
4-5-1
3-4-3
3-5-2
4-3-3
taktik yang dipakai oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu; Bertahan, Menyerang dan Normal.

Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki
WWW.MSN.com
OLEH:SUHERNO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar