14 Februari 2009

sistem organ tubuh

RESPIRASI
Respirasi merupakan suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam sumber energi dengan menggunakan oksigen. Atau juga respirasi merupakan suatu proses dimana molekul glukosa diuraikan menjadi CO2 + H2O dan Energi (ATP).
Proses Respirasi ada 4 tahapan, yaitu:
1. Glikolisis
2. Dekarboksilasi Oksidatif
3. Siklus Krebs
4. Rantai Transpor Elektron

Glikolisis


Glikolisis merupakan proses penguraian glukosa (6C) menjadi senyawa asam piruvat (3C).
Ciri-ciri dari Glikolisis adalah:
1. Berasal dari bahasa Latin, yaitu: Gliko (=Glukosa/gula) dan Lisis (=Penguraian/hancur).
2. Berlangsung secara anaerob
3. Terjadi di sitoplasma/sitosol
4. Menghasilkan: 2 molekul asam piruvat, 2 molekul ATP, 2 molekul NADH2
5. Terdapat 10 langkah perubahan mulai dari Glukosa sampai terbentuknya Asam Piruvat

Dekarboksilasi Oksidatif


Tahap ini merupakan tahap dimana proses bergabungnya asam piruvat dengan koenzim A membentuk Asetil koenzim A (Ko-A) dan melepaskan 1 molekul CO2
Ciri-ciri Dekarboksilasi Oksidatif:
1. Terjadi reaksi antara Asam Piruvat (3C) menjadi Asetil Ko-A (2C)
2. Berlangsung secara aerob
3. Terjadi di Matriks Mitokondria
4. Menghasilkan: 2 molekul Asetil ko-A, 2 molekul CO2, 2 molekul NADH2.

Siklus Krebs


Siklus Krebs adalah salah satu rangkaian daur asam sitrat (daur Asam Trikarboksilat).
Ciri-ciri dari Siklus Krebs:
1. ditemukan oleh Hans Krebs
2. terjadi reaksi Asetil Ko-A (2C) dengan Oksaloasetat (4C) menghasilkan Daur Asam Sitrat (6C)
3. berlangsung secara aerob
4. terjadi di mitokondria
5. menghasilkan:
a. 2 molekul ATP
b. 2 molekul FADH2
c. 6 molekul NADH2
d. 4 molekul CO2


Suhel Jasuni ( http://cuenk.blogspot.com )

ORGAN DAN SISTEM ORGAN

Kumpulan dari berbagai macam jaringan dan melaksanakan suatu tugas tertentu akan membentuk organ. Derajat dari organisme ditentukan dari makin beragamnya organ yang dimiliki.
Beberapa organ tubuh

TEROBOSAN BIOLOGI HASILKAN KATAK BERTUBUH TRANSPARAN

Untuk mempelajari organ tubuh vertebrata, kelak para peneliti maupun siswa-siswi sekolah tak perlu harus membunuh dan membedah tubuh katak. Sebab, para peneliti di Jepang telah mengembangbiakkan katak dengan kulit transparan.


Anda dapat melihat melalui kulitnya bagaimana organ-organ tumbuh, bagaimana kanker mulai tumbuh dan berkembang, ujar ketua penelitinya Masayuki Sumida, seorang profesor di Institut Biologi Amfibi di Universitas Hiroshima.
Ia mengklaim terobosan biologi yang berhasil dilakukan timnya merupakan keberhasilan pertama pada hewan berkaki empat. Sebelumnya, para peneliti telah mengembangkan ikan yang tubuhnya juga transparan.
Katak yang direkayasa agar kulitnya bening berasal dari jenis katak cokelat khas Jepang (Rena japonica). Pada kondisi normal, kulitnya berwarna oker atau cokelat. Namun, para peneliti telah mengidentifikasi dua gen bersiat resesif yang membuat kulit katak terlihat pucat.
Dengan rekayasa genetika, Sumida dan timnya berhasil mengembangbiakkan katak yang hanya membawa gen resesif yang menyebabkan warna kulit transparan. Mulanya, dua katak pembawa gen resesif dikawinkan melalui inseminasi buatan. Keturunan pertamanya tetap memiliki ulit berwarna normal karena masih membawa gen dominan. Namun keturunan silangan kedua menghasilkan katak berkulit transparan sejak berbentuk kecebong.
Kondisi serupa mungkin dapat terjadi secara alami di alam. Namun, hampir dikatakan mustahil terjadi mengingat kombinasi gen resesif yang begitu banyak.
Katak berkulit transparan menghasilkan keturunan yang sama namun keturunan keduanya mati beberapa saat sesudah lahir. Menurut Sumida, saat dua pasang gen resesif dibawa, sesuatu mungkin menyebabkan terjadi kesalahan genetik sehingga katak mati.
Dengan katak hasil rekayasa ini, para peneliti dapat mengamati perkembangan organ secara alami sejak katak lahir hingga mati. Mereka juga berharap dapat mengamati pengaruh racun tehadap tulang, hati, dan organ katak lainnya dengan lebih mudah dan murah.
Anda dapat melihat perubahan dramatis pada organ saat kecebong berkembang hingga menjadi katak dewasa, ujar Sumida. Lagipula, pembedahan yang umum dilakukan di laboratorium selama ini banyak dikritik sejumlah aktivis pecinta lingkungan dan mulai dialihkan menjadi hanya simulasi komputer untuk menjelaskan biologi katak kepada siswa-siswi di sekolah.

KEANEKARAGAMAN PADA SISTEM

Tubuh makhluk hidup (organisme) tersusun atas sel.

Sel : satuan (unit) kehidupan terkecil makhluk hidup.

Sel sejenis dan memiliki fungsi sama dalam tubuh makhluk hidup multiseluler membentuk jaringan.

Berbagai jaringan membentuk organ atau alat tubuh.

Berbagai system organ membentuk system organ.

Jadi sel merupakan pembangun tubuh makhluk hidup.

Pada makhluk hidup uniseluler, sedala fungsi kehidupannya dilakukan oleh sel tunggal.

Didalam sel tsb terdapat alat-alat yg melakukan kegiatan-kegiatan hidup.

Makhluk hidup uniseluler misalnya : amoeba dan paramecium.

Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665.
Bagian-bagian Sel

Membran sel sering juga disebut membran plasma.

Membran sel merupakan bagian paling luar yang melindungi isi sel.

Membran sel berupa lapisan luar biasa tipisnya. Tebalnya kira-kira 8 nm. Dibutuhkan 8000 membran sel untuk menyamai tebal kertas yang biasa kita pakai untuk menulis.

Pada sel tumbuhan terletak di sebelah dalam dinding sel dan terselaputkan oleh didnding sel yang tersusun oleh selulosa sehingga tebal dan kuat, sedangkan pada sel hewan merupakan bagian terluar dan tidak terselaputkan oleh dinding sel

Membran sel disusun oleh lipid, protein, dan karbohidrat.

Membran sel mempunyai sifat semipermeabel (selektif permeabel = meloloskan zat-zat tertentu) yaitu menyebabkan terjadinya pertukaran zat-zat tertentu dari dalam ke luar dan sebaliknya.

Fungsi Membran Sel : Mengatur keluar masuknya zat antara di luar dan di dalam sel.

Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan kental (plasma) yang berada diantara membran sel dan inti sel.

Di dalam sitoplasma terdapat zat dasar (sitosol), organel, dan protein-protein tubulin/ filamen. Sitosol mengisi bagian di luar inti dan terletak di antara organel sel. Di sitosol banyak sekali enzim yang mengkatalis metabolisme, dan molekul pembawa pesan dari membran sel ke gen yang disebut dengan second messenger.

Didalam sitoplasma juga terdapat Vakuola (rongga sel) dan organel-organet sel (benda-benda sel).

Vakuola merupakan kantong kosong berselaput satu lapis berisi cairan.

Vakuola sel tumbuhan lebih besar dari Vakuola sel hewan.

Sel-sel hewan relatif memiliki vakuola kecil dan bersifat sementara.seperti vakuola fagosit, vakuola makanan dan vakuola kontraktil.

Pada sel hewan multiseluler (misalnya paramecium), Vakuola jarang ditemukan.

Pada sel tumbuhan vakuola mengandung air dengan zat-zat yamg terlarut dan mengendap didalamnya, Semakin tua umur sel, maka vakuola nya semakin besar.

Organel sel

Organel sel atau organ kecil merupakan bagian isi di dalam sitoplasma. Organel berbentuk seperti kantung-kantung yang berselaput (membran) dengan fungsi yang khas.

SISTEM TRANSPORTASI VERTEBRATA SISTEM ORGAN SISTEM ORGAN

sistem transportasi vertebrata SISTEM ORGAN Sistem organ yang terdapat pada manusia antara lain sistem otot, sistem rangka, sistem saraf, sistem hormon, sistem transportasi, sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem ekskresi, dan sistem Transportasi pada tumbuhan. - Memahami pengangkutan bahan pada tumbuhan melalui difusi, osmosis dan transpor aktif. Tes tertulis. 16. Sistem sirkulasi pada hewan dan manusia Keruntuhan Teori Evolusi Darwin Dia akan menyaksikan dengan mata kepala sen-diri bahwa tidak mungkin sistem yang demikian rumit dan kompleks terjadi melalui variasi minor. Jika ia mengenal biomatematika, maka dia akan menyadari bahwa jangankan keseluruhan sel, STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SEKOLAH MENENGAH UMUM/MADRASAH ALIYAH Mekanisme gerak pada vertebrata - Menjelaskan mekanisme gerak pada hewan vertebrata Tes tertulis No. Materi Kompetensi yang Diujikan Bentuk Penilaian 15 Transportasi pada tumbuhan - Memahami pengangkutan bahan pada tumbuhan melalui Reptil Asing Misterius di Papua Nugini Mereka menelusuri Papua Nugini yang secara ekstrem memiliki keterbatasan sistem transportasi untuk memulai ekspedisi mereka.Mereka memulainya dengan perjalanan udara menyusuri Sungai Gedik, sebuah anak Sungai Sepik di bagian utara. Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup Sedangkan hewan digolongkan menjadi vertebrata dan avertebrata. John Ray (1627 – 1708), merintis pengelompokkan makhluk hidup kearah grup-grup kecil. Ia telah melahirkan konsep tentang jenis dan spesies. Carolus Linnaeus (1707 – 1778), biologi Trakeolus ini mempunyai fungsi yang sama dengan kapiler pada sistem pengangkutan (transportasi) pada vertebrata. Mekanisme pernapasan pada serangga, misalnya belalang, adalah sebagai berikut : Jika otot perut belalang berkontraksi maka BIO KELAS 11 SEMESTER 1 b. vena cava superior c. vena pulmonalis d. vena porta hepatica e. arteri pulmonalis 45. Sistem pembuluh darah yang membawa hasil pencernaan dari usus halus vertebrata adalah sistem vena yang ditunjukkan oleh nomor . Leluhur Orang Nias Owo merujuk pada alat transportasi yang digunakan oleh orang-orang Yunan waktu itu, yaitu perahu. Gomo merujuk pada wilayah yang dihuni, yaitu di daerah Gomo. Sedangkan omo merujuk pada rumah yang dibangun di sekitar pinggiran Sungai.
SUMBER:
http://gurungeblog.wordpress.com
http://my-iklan.com/sistem-transportasi-vertebrata-sistem-organ-sistem-organ.html
http://irshadi-bagas-4all.blogspot.comlogspot.com
DISUSUN OLEH: SHERLY AFRIANY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar